Perancangan Interior Galeri Kebaya Di Jakarta

Sekar Nurlaily (2301922101)

Kebaya merupakan busana nasional yang melekat maknanya dengan perempuan Indonesia. Umumnya dikenakan pada momen besar seperti wisuda, pernikahan, dan acara resmi. Kebaya merupakan busana atasan yang dikenakan perempuan Indonesia sejak pakaian mulai berkembang di Nusantara dan menjadi unsur identifikasi kelas sosial. Kebaya telah menjadi busana nasional yang dikenal oleh banyak kalangan. Dengan salah satu validasi kebaya nasional oleh pemerintah ialah mendaftarkannya ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Sehingga minat masyarakat terhadap pelestarian kebaya sebagai busana nasional mulai meningkat. Bermunculan desainer yang berinovasi terhadap kebaya yang beradaptasi dengan zaman, menciptakan tren, kolaborasi dengan ikon modern demi melakukan teknik padu-padan kebaya hingga ke tingkat yang sangat inspiratif. Kebaya kini secara modern tampil mengangkat tidak saja identitas personal tapi juga nasional.

Kebaya dengan perjalanan sejarah melestarikan identitas asli berikut pakem yang terkandung di dalamnya, akan diabadikan melalui sebuah galeri yaitu Galeri Kebaya di Pondok Indah Mall 2, Jakarta. Galeri Kebaya menjadi tempat memajang lestari ragam koleksi kebaya dari masa ke masa sebagai busana nasional. Menjadi galeri yang tepat kehadirannya di tengah era modern sebagai pusat edukasi masyarakat akan asal–usul kebaya, filosofi, dan perjalanan sejarah hingga perkembangannya sampai saat ini. Kebaya merepresentasikan perempuan Indonesia melalui ekspresi tata busana.

Galeri Kebaya dengan fasilitas di dalamnya yaitu lobi, area pajang perkembangan kebaya, area pajang desainer lokal, dan toko-toko kekinian, dikemas secara modern, terhubung secara digital agar selalu interaktif dan update demi menjalankan fungsinya sebagai wadah pengembangan industri busana dengan desain yang memaksimalkan fungsi ruang interior secara indah.