Perancangan Interior Pusat Edukasi Makanan Sehat Di Jakarta

Rizka Marshanda (2301904572)

Pola hidup sehat dapat dimulai dengan perubahan pola makan yang memiliki protein dan gizi seimbang bagi masyarakat Indonesia. Pada kehidupan sehari–hari selain melakukan aktivitas fisik, hal yang penting untuk menjaga kesehatan adalah dengan mendapatkan asupan makan dan minum yang cukup bagi stamina terjaga. Makanan sehat harus terdiri dari semua nutrisi dan non-nutrisi dalam komposisi yang tepat. Hal tersebut akan cukup memenuhi kebutuhan manusia untuk mempertahankan pola makan dalam menjalani kebiasaan sehari-hari. Selain itu, juga harus aman dari setiap kandungan zat berbahaya yang berpengaruh pada kesehatan masyarakat khususnya di Jakarta.
Adapun permasalahan triple burden di bidang kesehatan yaitu munculnya penyakit menular yang jumlah kasusnya masih tinggi, penyakit tidak menular yang prevalensinya semakin meningkat, dan munculnya kembali penyakit yang sudah diobati sebelumnya. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap menurunnya kesehatan masyarakat di indonesia.
Sebuah tempat dilengkapi fasilitas khusus mengedukasi masyarakat untuk memulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat disediakan di Kota Jakarta sebagai salah satu kota dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Maka dari itu dibutuhkan perancangan pusat edukasi makanan sehat di Jakarta guna mendorong masyarakat dalam mengubah pola hidup menjadi sehat.