Perancangan Interior Pusat Edukasi Penanggulangan Sampah Anorganik Di Jakarta

Margaretha (2301889325)

Perancangan interior pusat edukasi penanggulangan sampah anorganik di Jakarta merupakan penciptaan wadah bagi masyarakat setempat untuk mengenal dan mempelajari pentingnya pengelolaan sampah yang tepat secara proaktif, kreatif, dan interaktif. Melalui metode penelitian kualitatif dengan studi literatur, observasi, dan perolehan data statistik yang diaplikasikan dalam perancangan diperoleh bahwa pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat berbanding lurus dengan pertambahan angka konsumsi penduduk sertapotensi penghasilan sampah setiap tahunnya di kota Jakarta.

Pertambahan sampah yang terus meningkat menyebabkan penumpukan yang semakin tidak terkendali dimana sebagian besarnya tidak dapat diolah kembali. Sampah yang tidak dapat diolah kembali disebabkan oleh pengelolaan sampah yang tidak tepat dan sudah tercampur baik antara sampah anorganik dan organik baik sebelum dan sampai ke tempat pembuangan akhir akibat kurangnya pemahaman, kewaspadaan, perhatian, dan edukasi kepada masyarakat terhadap peraturan, pedoman, dan SOP dalam pengelolaan sampah yang tepat.

Dengan pengaplikasian konsep Meraki Langgas pada perancangan pusat edukasi penanggulangan sampah anorganik di Jakarta ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mengakomodasi baik individu maupun komunitas untuk dapat secara proaktif, antusias, inisiatif, dan interaktif dalam bereksplorasi dan mempelajari pengelolaan sampah anorganik yang tepat, tidak hanya melalui edukasi melainkan juga melalui pendekatan seni dan ekonomi, dengan penyediaan ruang komunitas. Sehingga, pusat edukasi ini dapat dimanfaatkan guna menunjang pemberdayaan masyarakat sekitar serta mengatasi permasalahan sampah anorganik tidak terkelola yang beredar di masyarakat.