Perancangan Interior Pusat Kebudayaan Seni Dan Tradisi Di Bali

Theresia Audie 2301852644

Seni dan budaya menjadi hal yang biasa ditemukan, apalagi saat berkenalan dengan kawasan baru. Setiap kawasan mempunyai ciri khasnya masing-masing dalam seni dan tradisinya, sehingga butuh wadah seperti pusat kebudayaaan untuk menampilkan dan mempertunjukkan ciri khas seni dan tradisi dari masing-masing kawasan. Seperti di Bali dimana identik sekali dengan keberagaman seni dan tradisinya yang sangat kental dalam kehidupan masyarakatnya. Setiap daerahnya mempunyai ciri khas masing-masing dalam melaksanakan seni dan tradisinya. Keterbatasan waktu dan tempat yang sulit dijangkau, dapat dipermudah untuk merasakan pengalaman tersebut jika terkumpul pada suatu tempat.

Pusat kebudayaan dapat menjadi tempat hiburan dan tempat rekreasi edukatif. Para wisatawan zaman ini lebih ingin berkunjung ke tempat yang dapat banyak pengalaman dan pengetahuan lewat aktivitas yang aktif. Hal ini menjadi menarik bagi para wisatawan yang ingin berlibur dipenuhi oleh pengalaman dan pembelajaran. Menjadi menyenangkan saat informasi yang diberikan pun lengkap dan interaktif.

Metode yang dilakukan pada perancangan kali ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu pengumpulan data literatur dan juga pengumpulan data dari melakukan survey ke tempat yang serupa. Dapat disimpulkan bahwa pusat kebudayaan dapat menjadi media baik dalam menyampaikan informasi terkait seni dan tradisi di Bali, dengan pendekatan media yang interaktif yang menggambarkan suasana Bali.