PERANCANGAN INTERIOR PUSAT KERAJINAN PERHIASAN BALI DI BALI

Devany Permata Nur Annisa 2301864562

Pulau Bali memiliki potensi sangat besar sebagai sarana pengembangan produk kerajinan di pasar internasional, dimana para pengrajin Bali saat ini masih kekurangan fasilitas untuk dapat memamerkan karya mereka kepada seluruh wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satunya adalah kerajinan perhiasan emas dan perak.

Bali populer menjadi tujuan pariwisata karena keunikan aneka macam seni dan budayanya. Salah satu wadah yang bisa mendukung perkembangan sektor pariwisata ini adalah adanya industri kreatif dari para pengrajin daerah Bali, salah satunya perhiasan. Oleh karena itu Pusat Kerajinan Perhiasan Bali ini diharapkan mampu menjadi wadah pendukung bagi para pengrajin perhiasan emas dan perak di Bali dan mampu merancang suasana ruang yang harmonis dengan ciri khas seni dan budaya Bali.

Perancangan ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas dan mampu memfasilitasi segala kegiatan para pengrajin perhiasan di Bali maupun masyarakat yang memiliki ketertarikan akan perhiasan ini. Pusat Kerajinan Perhiasan Bali ini juga memfasilitasi dan mewadahi kegiatan komunitas pengrajin perhiasan emas dan perak yang ingin mengadakan pameran, workshop, dan seminar dengan dasar ingin membagi atau bertukar ilmu seputar kerajinan kreasi perhiasan ini. Fasilitas yang disediakan seperti ruang display perhiasan, ruang workshop, dan ruang diskusi yang diharapkan mampu melengkapi kebutuhan pengguna dalam melakukan aktivitasnya di Pusat Kerajinan Perhiasan Bali ini.