Perancangan Interior Pusat Pelatihan Line Dance Di Jakarta

Monica Divani Osan (2301884854)

Line dance merupakan olah raga dansa yang perpaduan antara pemikiran dan ketangkasan fisik disalurkan ke serangkai langkah membentuk koreografi, lalu bergerak mengikuti musik. Saat ini line dance sudah memiliki banyak peminat, tetapi fasilitas masih belum sesuai standar dan kebutuhan masih kurang. Oleh karena itu pusat pelatihan line dance memiliki peran penting, karena memperoleh peminat banyak di kalangan lansia lalu menyebar ke kalangan dewasa dan remaja.

 

Tujuan dari perancangan ini yaitu untuk mendukung aktivitas kesehatan tubuh, mendukung kegiatan dan fasilitas pengguna. Metodologi dari penelitian ini melakukan studi literatur, wawancara, dan observasi yang berhubungan dengan perancangan. Lalu melakukan tahap perancangan, meliputi pernyataan masalah, pengumpulan data, pemprograman, desain skema, desain awal, dan terakhir pengembangan desain. Perancanganinteriorpusat pelatihan line dancememiliki potensi sebagai tempat aktivitas kesehatan tubuh.

 

Perancangan ini menggunakan pendekatan material sustainable (berkelanjutan), bertujuan agar menimbulkan kesan ramah lingkungan saat pengunjung datang. Diharapkan dengan perancangan interior pusat pelatihan line danceyang baik, masyarakat dapat meningkatkan kesehatan fisik, emosi, mental, dan spiritualnya hingga membuat kualitas hidup yang lebih baik.