Perancangan Interior Pusat Pelatihan Masakan Nusantara Di Jakarta

Aisyah Naurah Padmaranindah (2301904010)

Perkembangan dunia kuliner yang cukup pesat menjadikan usaha kuliner sebagai bisnis yang cukup menjanjikan. Kontribusi Generasi Z dan Milenial mendorong berbagai usaha kuliner dalam pelestarian masakan tradisional Indonesia. Pusat Pelatihan Masakan Nusantara menjadi sebuah wadah yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan edukasi memasak dengan memperhatikan beberapa aspek seperti ergonomi, sirkulasi, material, penghawaan hingga pendekatan karakter alat masak tradisional pada elemen-elemen interior.

Perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan analisis melalui studi literatur, wawancara, dan observasi. Dalam rangka memperkenalkan potensi kebudayaan, karakteristik lokal sangat penting untuk diperlihatkan melalui desain dan tampilan interior.

Perancangan ini menerapkan konsep yang terinspirasi dari alat masak tradisional Indonesia, sehingga terdapat nilai budaya dalam elemen-elemen interior ruang. Salah satu alat masak tradisional yang diangkat dalam konsep yaitu belanga sebagaiwadah tradisional Indonesia. Hasil perancangan menunjukkan desain interior yang memiliki ciri khas tersendiri yang mengikuti arus perkembangan desain masa kini dengan sentuhan lokal.