Perancangan Interior Taman Kanak-Kanak Dengan Penerapan Imaginative Play Di Jakarta

Aurelia Angieta Winata (2301863093)

Perkembangan pendidikan merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan generasi muda yang kompeten. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak-Kanak menjadi salah satu bentuk sistem pendidikan utama bagi anak-anak usia dini di Indonesia. Namun, tingkat partisipasi pendidikan usia dini masih rendah dan sebagian besar fasilitas belum terakreditasi. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu konsep pendidikan baru yang tidak hanya mengembangkan kemampuan teknis, namun juga mengembangkan keterampilan non-teknis seperti berpikir kritis, kerjasama, dan manajemen waktu, serta kreativitas, dan menstimulasi bakat anak, contohnya adalah dengan penerapan imaginative playdalam proses pembelajarannya.
Tujuan perancangan ini adalah untuk mendorong imajinasi dan kreativitas anak-anak usia dini melalui elemen-elemen desain yang digunakan pada perancangan ini. Metode penelitian yang digunakan pada perancangan ini adalah metode kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui studi, observasi, dan wawancara. Melalui perancangan ini, diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.