Teks: Valentine Fedora (B25) | Foto: Milan Firstiningtyas (B25) – Tim Pubdok UNAGI

 

“Hidup adalah perjalanan dengan masalah untuk dipecahkan, pelajaran untuk dipelajari, tapi yang terpenting, pengalaman untuk dinikmati.”

 

Setelah melewati pengalaman pertama pameran Furniture Design 3, kini binusian B25 peminatan Furniture Design jurusan Desain Interior BINUS University Jakarta kembali mengadakan pameran keduanya bertajuk “Unagi – Unjuk Karya Imagi” sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh kinerja mahasiswa dalam mengerjakan proyek selama satu semester pada mata kuliah Furniture Design 4: Commercial & Hospitality Project. Pada semester ini, para mahasiswa mengangkat proyek Hotel Boutique sebagai studi kasus untuk dapat merespon dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan brand identity, pengguna dan rangkaian pemahaman akan proses pengumpulan data, melakukan analisis, pembuatan konsep sebagai pemecah masalah, eksplorasi desain serta pembuatan prototype karya 1:1 untuk furniture dan aksesoris proyek Hotel Boutique yang diangkat.

Poster acara UNAGI 2024

 

Karya-karya yang ditampilkan pada UNAGI 2024

 

Ibu Anak Agung Ayu Wulandari selaku Ketua Jurusan Desain Interior memberikan sambutan

 

Bapak Danendro Adi selaku Dekan School of Design secara simbolis membuka acara dengan pemotongan pita

 

Ibu Grace Hartanti selaku dosen pembimbing mata kuliah Furniture Design 4 memandu acara pembukaan

 

Para mahasiswa juga mengambil studi analisa dari 3 hotel ternama yang berbeda-beda dan menyajikan hasilnya dalam bentuk sebuah koleksi berupa 1 furnitur kursi dan 1 aksesoris dengan konsep dan brand image dari hotel yang dijadikan studi kasus. Pengolahan material yang digunakan beragam, mulai dari pengolahan material rotan, berbagai jenis kayu, hingga tali temali sebagai aksen. Bentuk koleksi juga unik dan memiliki ceritanya masing-masing. Pameran berlangsung mulai dari tanggal 22 Januari 2024 yang diresmikan secara langsung oleh bapak Danendro Adi, S.Sn., M.Arts selaku dekan School of Design, dan mendapat kata sambutan dari dosen pembimbing Grace Hartanti, S.Sn, M.M serta Anak Agung Ayu Wulandari, S.Sn, MA selaku kepala departemen Desain Interior.

Pameran ini akan berlangsung selama 5 hari, mulai dari Senin, 22 Januari 2024 hingga Jumat, 26 Januari 2024. Selain memamerkan dan memberi apresiasi terhadap hasil karya mahasiswa, akan dilakukan juga voting untuk hasil karya favorit, voting ini akan dilakukan selama pameran berlangsung dan ditutup pada 26 Januari 2024. Hasil dari voting nanti akan diumumkan segera setelah penutupan pameran.

Diharapkan seluruh karya mahasiswa ini dapat memberikan inspirasi dan pengalaman, baik sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa Furniture Design 4 supaya dapat menciptakan karya yang lebih baik lagi, maupun sebagai impresi untuk penikmat pameran Unagi. Selamat Berpameran!

 

Suasana pameran UNAGI 2024

 

 

Bapak George Hadipoespito selakuk Vice President dari BINUS Higher Education menyambangi pameran karya UNAGI 2024

 

 

Para pengunjung di pameran UNAGI 2024

 

Panitia dan peserta pameranberfoto bersama para dosen