BALUI COLLECTION

Karya: Priscilla Anastasia (B25)

 

Dalam tradisi Hindu di Bali, “Cili” memegang peranan penting sebagai simbol Dewi Sri, dewi kesuburan yang dipuja dalam ritual-ritual Hindu Bali. Simbol ini, yang merepresentasikan padi yang kecil dan cantik, menginspirasi desain furnitur dan aksesoris di hotel, menempatkan padi sebagai elemen sentral.

Dalam menciptakan furnitur dan aksesoris yang terinspirasi oleh padi, desain dikembangkan dari bentuk khas padi yang mengutamakan bentuk organik dan alami, seperti sandaran yang melengkung menyerupai daun padi yang bergerak mengikuti angin. Hal ini bertujuan untuk menciptakan furnitur dan aksesoris yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai budaya Bali yang mendalam.

Warna yang dipilih untuk proyek ini terinspirasi dari warna padi, dengan gradasi kuning yang melambangkan kemakmuran dan panen yang melimpah. Warna kuning ini diharmonisasikan dengan nuansa tosca yang diambil dari identitas logo hotel.

Furnitur yang diproduksi di dalam hotel ini mencakup kursi yang ditempatkan di area kamar hotel. Kursi tersebut dirancang untuk memenuhi kegiatan duduk, bersantai, dan berbicara. Di sisi lain, aksesoris yang dihasilkan untuk area kamar ini adalah luggage rack. Dalam proses pembuatan kursi dan luggage rack, dimensi dipertimbangkan dengan cermat untuk mendukung aktifitas pengguna di dalam area kamar, mengikuti kebiasaan dan tingkah laku mereka.

Material utama yang digunakan adalah kayu, dan sistem sambungannya menggunakan butt joint, sambungan yang sederhana dengan menyatukan ujung pada kedua bagian. Selain itu, material rotan digunakan sebagai aksen untuk meningkatkan estetika desain, khususnya pada kursi, di mana rotan diintegrasikan sebagai bagian utama dudukan dan sandaran kepala, memberikan kontribusi penting dalam membentuk kursi.