Janger Collection

Karya: Priscilla Maureen Setiawan (B25)

Furniture Set kali ini dinamakan “Janger Collection”, yang  merupakan furniture dan aksesoris set dengan konsep “Rhapsodic Rhythm”. “Rhapsodic Rhythm” merupakan sebuah pernyataan yang digunakan untuk menggambarkan ritme atau irama yang penuh dengan kebahagiaan dan semangat. Tari Jangger dieksplorasi sebagai inspirasi bentuk yang sejalan dengan konsep “Rhapsodic Rhythm”. Tari Janger merupakan tarian tradisional asal Bali yang menceritakan mengenai kebahagiaan dan keceriaan dari kehidupan dan pergaulan anak muda. Tujuan asli tarian tersebut untuk menghibur petani yang kelelahan setelah memanen padi. Pada masa sekarang, tari Janger dipertontonkan untuk menghibur masyarakat secara luas.

Dalam implementasinya, kursi memiliki banyak bentuk lengkungan yang terinspirasi dari keluwesan dari gerakan tari Janger dan bentuk mahkota gelungan penari Janger. Warna yang terpilih berupa warna kuning dengan aksen warna coklat kayu natural pada rotan untuk melambangkan makna kebahagiaan dari Tari Janger. “Janger Collection” juga memakai material rotan yang menggambarkan gerakan tari Janger yang luwes namun memiliki energi yang kuat.

Selain itu, anyaman rotan yang saling bertaut digunakan untuk melambangkan konsep tarian tari Janger yang dilakukan secara bersaut-sautan. Untuk cushion pada kursi, terbuat dari busa dan dilapisi oleh upholstery yang mengikuti kerangka kursi.