RUMPUN SAHAJA

Karya: Sheren Lawoto (B25)

Furniture set untuk proyek akhir mata kuliah Furniture Design IV kali ini mengambil inspirasi dari patung Cili yang merupakan lambang perwujudan dari Dewi Sri, dengan bentuk utama yang mengeksplorasi karakteristik mahkota patung Cili. Tema yang digunakan adalah “Rumpun Sahaja”, yang memiliki arti sebuah rumpunan padi yang sederhana namun memiliki arti mendalam sebagai syukur kepada Dewi Sri, yang dipercaya masyarakat Hindu Bali sebagai dewi kesuburan dan pertanian. Secara bentuk, tema tersebut diterjemahkan menjadi sekelompok rumpunan padi yang disatukan dengan mahkota dari patung Cili, perwujudan Dewi Sri.

Kata “Sahaja” yang berarti kesederhanaan, menjadi acuan untuk pemilihan bahan utama yang digunakan, yaitu bahan rotan yang memberikan kesan natural dengan mempertimbangkan aspek konstruksi, kekuatan dan estetika.

Untuk cushion, digunakan bahan busa yang dilapis upholstery yang mengacu pada warna brand image hotel tempat furniture set ini berada, yaitu warna-warna cerah bernuansa biru, toska dan oranye yang secara keseluruhan memberi kesatuan dengan bentuk dan bahan utama dari furniture set ini.

Unsur “pengikat” dalam Rumpun Sahaja ini adalah tali rami, yang menjadi simbol rumpunan padi dengan lilitan-lilitan pada sambungan dan konstruksinya.

Furniture set “Koleksi Rumpunan” ini terdiri dari kursi dan partisi multifungsi yang memiliki ambalan dan gantungan baju, yang diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan tamu dalam kamar hotel.