RuRu SET

Karya: Cecilia Valentina Kurnia (B25)

Mengusung tema besar commercial & hospitality pada mata kuliah Furniture Design IV, mahasiswa bereksplorasi mengembangkan konsep yang menarik untuk studi kasus yang diambil dari beberapa hotel butik di Indonesia. Dalam furniture set kali ini, konsep yang diangkat oleh Cecilia adalah “Ruaian Runtun”. Inspirasi yang diangkat adalah eksplorasi bentuk simbol Infinity, yang berkelanjutan dan tidak terputus. Bentuk utama dari furniture set ini merupakan hasil dari pengembangan simbol infinity tersebut, yang mengusung repetisi dan simetrikal bentuk sehingga desain yang dihasilkan tampak tidak terputus dan berhubungan satu sama lain.

Untuk konsep warna, tema yang diambil adalah warna alami dari material rotan yang digunakan sebagai material utama dan warna magenta yang diambil dari warna brand image hotel yang diambil sebagai studi kasus. Rotan dipilih sebagai material utama karena karakteristik bahannya yang mudah dibentuk dan sejalan dengan konsep rangkaian furnitur ini.

“RuRu Set” terdiri dari kursi dan wadah serbaguna yang akan diaplikasikan pada area tunggu dalam lobby hotel yang dipilih. Ikatan dari serat rotan menjadi aksen pada rangkaian furnitur ini, dimana ikatan rotan ini memperkuat sambungan pada konstruksinya.