Lecturer mobility program adalah kegiatan pertukaran dosen yang melibatkan dosen-dosen dari salah satu program studi BINUS University, dimana dosen terpilih  dapat mengajar secara lintas kampus Binus di kota lain yang memiliki program studi yang sama.

Bulan Febuari 2024 ini, dari jurusan Desain Interior Jakarta mengirimkan dua orang dosen untuk mengajar di jurusan Desain Interior BINUS @Bandung. Ibu Dr. Sri Rachmayanti, S.Sn, M.Ds mengajar mata kuliah Desain Interior I dan Ibu Dr. Ade A Fajarwati mengajar mata kuliah Desain Furniture I. Materi yang diberikan sesuai dengan hasil meeting peer review sebelumnya dengan tim pengajar dari Jurusan Desain Interior Binus Bandung.

Pada pertemuan hari pertama mahasiswa mendapat materi dari week ke-3 mengenai Data Collection and Programming. Data collection adalah data-data yang dikumpulkan oleh masing-masing mahasiswa dari calon client yang akan dijadikan studi kasus pada projek rumah tinggal mereka. Penghuni rumah terdiri dari 4 orang anggota keluarga. Data penghuni didapat dari hasil wawancara dengan calon client (yang adalah teman sekelasnya).

Pada pertemuan hari ke-dua mahasiswa mendapat materi dari week ke-5 yaitu pengenalan tentang penggunaan Artificial Intelligent untuk membantu mendapatkan image reference.

Penting sekali memperkenalkan penggunaan AI dan kode etik penggunaannya dalam membantu proses belajar. Dari praktik membuka dan mencari image referensi yang dibutuhkan, mahasiswa mengerti akan beberapa hal. Antara lain, AI digunakan sebagai alat bantu, bukan untuk mengumpulkan hasil akhir. Ketika praktik mahasiswa dapat mengerti bahwa prompt yang detail adalah kunci mendapatkan hasil pencarian gambar yang lebih baik. Sedangkan hasil yang diperoleh, harus dianalisis kembali kesesuaiannya.

Salah satu hasil searching AI yang didapat mahasiswa desain interior Bandung

Kelas Desain Interior I (Residential), dengan Ibu Dr. Sri Rachmayanti S.Sn, M.Ds

Kelas Desain Furniture I, dengan Ibu Dr. Ade A. Fajarwati S.Sn, M.Sn