Jewel, Changi Airport, Singapore (Photography is courtesy of Jewel Changi Airport)

Terletak di tengah Bandara Changi, Singapura terdapat the Forest Valley yang menawan, sebuah keajaiban botani yang mencakup area seluas 22.000 meter persegi. Cagar alam hijau ini merupakan bukti integrasi harmonis antara alam dan inovasi serta teknologi, dengan koleksi lebih dari 900 tanaman yang beragam, spesies yang dikurasi dengan cermat dari berbagai penjuru dunia.

Yang benar-benar membedakan theForest Valley adalah pendekatan dalam desain pencahayaan natural dan buatannya. Di sini, pencahayaan buatan berpadu sempurna dengan ritme alami sinar matahari, menciptakan pengalaman mendalam yang memikat empat indra manusia.

Inti dari mahakarya pencahayaan ini terletak pada teknologi LED mutakhir. Diposisikan secara strategis di seluruh taman, perlengkapan canggih ini lebih dari sekadar sumber cahaya—lampu-lampu tersebut menciptakan keindahan dan sekaligus booster vitalitas bagi semua tanaman yang ada di dalam ruangan ini sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan subur. Terprogram dengan sempurna, sistem LED dengan cermat meniru cahaya alami mereplikasi spektrum cahaya matahari, mulai dari cahaya lembut fajar hingga warna keemasan matahari senja. Skema pencahayaan ini dirancang dengan memastikan bahwa setiap tanaman menerima panjang gelombang penting yang diperlukan untuk fotosintesis dan pertumbuhan.

Rain Vortex (Photography is courtesy of Jewel Changi Airport)

Di surga bercahaya ini, pengunjung memulai perjalanan sensorik yang berbeda dari biasanya. Mereka menyaksikan “tarian cahaya” dan bayangan saat membelai dedaunan subur dan air terjun yang mengalir, menghasilkan atmosfir mempesona yang dapat berubah setiap saat. Seolah berada di hutan yang bernafas dan hidup sebagaimana habitat aslinya .

Namun, di tengah keindahan yang spektakuler tersebut, terdapat komitmen terhadap kepedulian dan tanggung jawab terhadap kelangsungan lingkungan. Melalui perpaduan antara teknologi dan kesadaran ekologis, the Forest Valley berdiri sebagai tanda harapan—sebuah bukti kekuatan kecerdasan manusia untuk hidup berdampingan secara harmonis dengan alam.

Oleh karena itu, ketika para pengunjung menjelajahi oasis bercahaya ini, mereka bukan hanya sekedar penonton namun juga partisipan dalam simfoni cahaya dan kehidupan, menyatu diselimuti oleh lebatnya flora dan elemen alam lainnya, dibawa ke dunia di mana waktu berhenti dan keindahan Bumi dirayakan dengan segala kemegahannya.

Walking trails (Photography is courtesy of Jewel Changi Airport)