TASYA VERONICA ALAM – 2301915784

Anime adalah budaya Jepang yang berkembang pesat di Indonesia, dimana eksistensinya dapat terlihat disekitar Indonesia dengan acara – acara khusus anime yang bergiliran tiap bulannya, sehingga banyak menarik minat masyarakat umum. Saat ini, banyak komunitas anime yang terbentuk, akan tetapi tempat untuk menampung komunitas tersebut saat ini sangatlah kurang. Oleh karena itu, diperlukan untuk diciptakan suatu wadah atau tempat untuk memuaskan rasa ketertarikan dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat umum dan juga penggemar anime. 

Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat umum mengenai anime, dari segi sejarah, pembuatannya dan maupun kebudayaannya. Dengan tidak lupa untuk memberikan wadah kepada komunitas anime untuk berkumpul, melakukan aktivitas dan menggelar acara di satu tempat. Pusat edukasi ini juga berfungsi sebaga lembaga edukasi non formal yang menyediakan kelas animasi dan voice acting bagi para peminatnya.  

Perancangan ini memiliki pendekatan teknologi interaktif seperti AR dan VR, dimana pengunjung dapat berinteraksi secara langsung lewat smartphone dan mesin simulasi yang disediakan di dalam pameran pusat edukasi tersebut. Selain untuk edukasi, perancagan kali ini diharapkan agar dapat memberikan pengalaman kultur anime seperti yang ada di Jepang kepada pengunjungnya. Saat pengunjung masuk kedalam pusat edukasi, pengunjung akan dibawa dalam petualangan kultur anime dimana beberapa fasilitas kultur anime yang ada di Jepang, dibawa langsung ke Jakarta, dari kafe bertema anime, perpustakaan penuh dengan komik manga Jepang, sampai dengan toko merchandise anime.