YOUTH.ID AWARD 2024 atau yang dikenal dengan Y.ID merupakan sebuah kompetisi karya mahasiswa desain interior yang diselenggarakan oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII). Kompetisi ini bertujuan untuk menggali potensi para mahasiswa sebagai calon desainer interior muda Indonesia, menunjukkan reputasi desainer muda Indonesia yang unggul dan terkemuka di skala nasional dan internasional, serta mewujudkan semangat dalam menerapkan interior trend lokal Indonesia dalam desain modern atau kekinian. Y.ID terbuka bagi mahasiswa desain interior di seluruh Indonesia secara perorangan yang mewakili nama perguruan tinggi. Setiap perguruan tingginya dapat mengirimkan dua mahasiswa untuk membawa nama Universitas. Mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia bertanding dalam kompetisi ini dengan mengumpulkan karya tugas merencana interior ruang publik yang memiliki kompleksitas tinggi seperti hotel, museum, restaurant, retail, dan office.

Pada tahun ini, Y.ID membawa judul “Responsive Sustainable Interior Design”. Dengan judul ini, setiap peserta kompetisi diajak untuk berpikir secara kritis saat mendesain, khususnya dalam design and technology, nature environment, natural light, sustainable materials, air quality, natural pattern and textures, serta local content elements. Diadakan dari tanggal 16 April hingga 12 Mei, dalam waktu tersebut, peserta kompetisi mendesain dengan memperhatikan interaksi manusia dengan alam dalam interior yang berkelanjutan.

Karya yang terpilih sebagai perwakilan setiap perguruan tinggi akan dipamerkan oleh panitia di acara pameran MEGABUILD di JCC selama empat hari pada tanggal 9 Mei hingga 12 Mei, dan akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kompetisi kategori vote. Walaupun gagal terpilih dalam sepuluh besar, mahasiswa Binus Jakarta berhasil memenangkan kategori Vote Design / Special Guest Vote oleh Leonardo Utomo. Kategori ini dimenangkan dengan dihitung dari hasil pilihan pengunjung saat pameran dengan suara terbanyak. Kategori ini juga dimenangkan oleh mahasiswa Binus Jakarta pada Y.ID tahun 2023.

Keberhasilan ini membuktikan bahwa ilmu yang didapatkan saat berkuliah di Binus Jakarta, serta bimbingan dari coaching dosen yang disediakan mampu menghasilkan mahasiswa yang unggul, berprestasi, dan mampu bersaing di skala nasional. Dengan kemenangan ini, diharapkan mahasiswa dapat menyalurkan kreativitas mereka lebih lagi, meraih lebih banyak prestasi, bahkan di skala internasional.