Tugas Akhir Karya Binusian Desain Interior 2019

Arieska Primanda  1901508114

Sebagai salah satu negara di Asia Tenggara, Indonesia terkenal dengan kekayaan alam-nya. Kekayaan alam yang melimpah menjadikan Indonesia termasuk kedalam salah satu negara penghasil rempah – rempah terbesar di dunia. Maka dari itu, rempah – rempah merupakan aset berharga yang berperan penting dalam sejarah di Indonesia. Semakin berkembangnya teknologi, sudah banyak industri kuliner yang mengeluarkan makanan instan yang membuat generasi muda maupun masyarakat luas minim akan pengetahuan tentang rempah – rempah. Untuk bisa menjaganya, ada baiknya mengenal dengan baik sejarah rempah-rempah Indonesia, termasuk juga aneka ragam rempah tersebut.

 

Perancangan interior Galeri Rempah Nusantara berkonsep “Learn, Explore, & Experience”. Learn, mengenalkan adanya Galeri Rempah Nusantara ini masyarakat luas dapat mempelajari dan memahami sejarah maupun mengenal lebih dalam tentang tanaman rempah Indonesia. Explore, menjelajahi perjalanan sejarah rempah Nusantara. Experience, aksi aktif menjelajahi museum ini melalui teknologi dan fasilitas sesuai perjalanan rempah Nusantara agar melekat di hati pengunjung dan menyisakan pengalaman yang tak terlupakan.

 

Tema perancangan interior ‘Indonesian Spices Throughout The Time”, yang memiliki arti perjalanan rempah dari waktu ke waktu. Tema ini mengadopsi sistem sirkulasi linear agar alur cerita dari sejarah jalur rempah dapat menuntun pengunjung selama berada di ruang pamer.

Penataan objek pamer melalui “Large Space With An Introductory Gallery” mengolah ruang pamer dengan pembagian area pamer demi memperjelas benda dipamerkan di dalamnya. Sistem display yang dua dimensi bagi infographic dan signage. Sistem display 3 dimensi menggunakan vitrine kaca untuk memajang karya dan benda bersejarah juga diorama.