Karya: Geovanny / 2001536200

Difabel atau “Different Abled People” mengacu kepada orang yang memiliki keterbutuhan khusus, sayangnya keberadaan difabel kerap kali masih dianggap sebelah mata maupun sebuah aib oleh masyarakat sehingga tidak jarang stereotype negatif yang ditujukan kepada kaum difabel itu sendiri. Saat ini, masih sangat minim tempat pusat Kreativitas bagi difabel. Keberadaan tempat kreativitas bagi difabel merupakan sebuah jembatan penghubung antara kaum difabel dengan kemampuan yang terampil serta dapat dijadikan tempat untuk edukasi dan bersosialisasi dengan sesame difabel maupun dengan komunitas dan manusia normal lainnya yang dapat menaikkan beberapa aspek dikehidupan mereka baik dari aspek psikologi sampai aspek ekonomi.

Perancangan interior bagi kaum difabel pada pusat kreativitas seni dan kerajinan di Jakarta ini bermaksud sebagai sarana dan sebagai fasilitas yang dapat menunjang difabel untuk mengasah kreativitas mereka terutama didalam bidang seni dan kerajinan. Dengan memperhatikan aksesibel serta ergonomic bagi difabel diharapkan tempat ini dapat dijadikan sarana edukasi bagi difabel maupun non-difabel.

Perancangan interior ini menggunakan konsep yang menggambarkan sebuah perjalanan serta pengharapan difabel. Penggunaan pencahayaan natural secara optimal dan ketersediaan area outdoor pada area workshop dapat mendukung dalam perancangan kali ini yang dimana dapat menggambarkan sebuah pengharapan. Perancangan kali ini menyediakan fasilitas yang memadai bagi difabel dengan memperhatikan dari segi ergonomi, sirkulasi sehingga dapat menunjang seluruh kegiatan dan aktivitas dari pusat kreativitas seni dan kerajinan bagi difabel. Sehingga kaum difabel dapat melatih kemampuan mereka agar dapat percaya diri serta meningkatkan perekonomian bagi difabel.