Karya: Kannitha Alifia/2301885945

Bakrie Sumatera Plantation merupakan sebuah perusahaan yang berkerja dalam bidang agrobisnis, yaitu mensupply bahan baku dari sector perkebunan mulai dari karet, kelapa sawit dan oleokimia. Perusahaan ini berkomitmen untuk mengimplementasikan keberlanjutan sebagai nilai tambah sebagai hal yang harus selalu dijalankan dan ditegakkan. Maka dari itu, konsep yang berhubungan dengan keberlanjutan / sustainability perlu diterapkan dalam design kantor ini sehingga nilai yang ingin dicapai oleh perusahaan ini selalu melekat suasananya kepada keseharian pekerjanya.

Design kantor PT. Bakrie Sumatera Plantation ini memiliki judul konsep “ Harmony in Eco Balance “. Konsep ini terinspirasi dari perusahaan ini sendiri yang memiliki mata pencaharian dari sektor perkebunan, yang mana adalah berasal dari alam untuk manusia, sehingga hubungan alam dan manusia dijembatani oleh perusahaan Bakrie Sumatra Plantation tersebut. “Harmony in Eco Balance” mengartikan sebuah irama dari keseimbangan hubungan antar makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya, sehingga membentuk sebuah harmoni hubungan alam yang baik dan cocok untuk dijadikan konsep kantor ini. 

Penggunaan material alami seperti panel kayu menjadi hal penting untuk menambah kesan natural yang ingin diberikan. Kayu itu sendiri memiliki sifat yang membawa kenyamanan dan ringan serta menambah nilai sustainability yang ada pada kantor BSP ini. Color Pallete yang digunakan seperti coklat muda dan abu – abu dengan aksen – aksen furniture berwarna terracotta dan hijau ini saling menyatu membentuk garis warna yang indah dan sangat memperlihatkan konsep ecology yang ingin ditonjolkan. Pada kantor ini, terdapat juga beberapa aksen yang cukup bagus salah satunya adalah penggunaan roster bata sebagai pemisah area fotokopi, cabinet dengan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai pemisah area kerja dan juga sebagai tempat penyimpanan berkas – berkas, sampai dengan felt ceiling panel yang berguna sebagai peredam suara sekaligus mempercantik area working dengan membentuk gelombang yang harmonis.