Daniel Marvin

2101707043

Game bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Dalam setiap permainan yang diciptakan, memiliki masanya permainan tersebut popular, bahkan setelah permainannya pun sudah tidak dimainkan karena adanya perkembangan game baru yang lebih menarik, dari itu dibutuhkankan sarana untuk memberikan akses kepada masyarakat dengan perancangan museum yang menyajikan berbagai permainan lama untuk memberikan pengetahuan dan sebagai sarana bagi pengunjung untuk mencoba kembali game, sehingga museum merupakan salah satu opsi yang dapat memberikan pengetahuan sejarah video game untuk masyarakat yang belum mengenal perkembangan game. Namun, ketertarikan masyarakat untuk mengunjungi museum sangat rendah dikarenakan banyaknya museum tua di Jakarta yang kurang terpelihara, menimbulkan ketertidak tarikan masyarakat dalam berkunjung ke museum. Hal ini sangat berbeda dengan negara-negara maju, yang memiliki tingkat apresiasi yang sangat tinggi tentang pentingnya sebuah museum bagi aspek kehidupan dan ilmu pengetahuan.

Untuk dapat menjawab permasalahan maka dari itu pembangunan museum akan menyajikan permainan lama untuk memberikan pengetahuan dan kesenangan kepada pengunjung yang penyuka game dan anak-anak pada jaman sekarang yang tidak pernah tahu tentang game lama dan didukung oleh teknologi dengan konsep interaktif serta desain interior dengan segala aktifitas pengunjung maupun pegawai,  diharapkan dapat  meningkatkan  peran  museum video game sebagai  salah  satu  media edukasi yang interaktif dan inovatif untuk masyarakat.