D+E
DESIGN PLUS

Design Collaboration For Local Environment

■Seminar  ■Workshop   ■Exhibition

LATAR BELAKANG

Pemanfaatan material limbah yang berada di sekitar kita untuk menjadi produk yang bernilai tambah saat ini dirasakan perlu mendapat perhatian karena terkait dengan kebutuhan masyarakat terhadap lingkungan yang dapat menunjang aktivitas harian dengan baik. Adapun material limbah yang perlu mendapat perhatian khusus adalah adanya keberadaan furnitur yang tidak terpakai sebagai akibat dari peremajaan fasilitas di lingkungan kampus, yang menimbulkan permasalahan terkait penumpukan barang tersebut di kampus dan terbatasnya fasilitas  untuk ruang penyimpanan. Hal lainnya adalah kekhawatiran atas semakin meningkatnya limbah rumah tangga akibat bertambahnya jumlah masyarakat yang bekerja dari rumah di era pandemi sehingga limbah rumah tangga cenderung meningkat akibat aktivitas tambahan di rumah seperti memasak yang menghasilkan sampah rumah tangga.

Di sisi lain, para akademisi (dosen dan mahasiswa) memerlukan tantangan agar dapat menghasilkan suatu karya kreatif inovatif yang dapat berdampak terhadap masyarakat dan lingkungan. Tentunya karya kreatif tersebut memerlukan suatu wadah agar dapat ditampilkan kepada masyarakat luas agar dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat lainnya untuk turut mengolah material limbah tersebut.

TUJUAN

Tujuan dari kegiatan ini adalah memfasilitasi mahasiswa khususnya mahasiswa lintas keilmuan agar dapat berkolaborasi dalam tim untuk menghasilkan karya kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan material yang tidak terpakai maupun limbah lainnya untuk menjadi produk yang memiliki nilai tambah dan berdaya jual. Tim mahasiswa yang terlibat akan mendapat pembekalan dalam workshop yang bertujuan memberikan bimbingan agar karya yang dihasilkan dapat senakin kreatif, inovatif dan berdaya jual. Dengan adanya inisiatif baru dari para desainer lintas keilmuan (bidang seni dan desain) terhadap pemanfaatan material limbah,  diharapkan dapat menghasilkan karya yang bermanfaat pula bagi masyarakat dan berdampak positif bagi lingkungan. Sedangkan melalui pameran bersama, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap pentingnya kesadaran akan pengolahan sampah serta merancang produk ramah lingkungan yang kreatif dan memiliki keunggulan kompetitif sesuai target market.

WORKSHOP DAN PAMERAN

WORKSHOP

1. AGENDA WORKSHOP

2. PERSYARATAN PESERTA WORKSHOP

  • Max 1 tim mahasiswa dari tiap universitas.
  • Satu tim terdiri dari 3-5 orang  beranggotakan minimal 2 orang mahasiswa Design Interior (wajib ada) dan DKV/Produk/Kriya/Arsitek.
  • Mengikuti program hingga selesai.
  • Masing-masing tim mengajukan rancangan karya sebagai berikut :Rancangan ke-1
    Satu rancangan desain termasuk konsep desain berupa produk fungsional furnitur menggunakan material yang berasal dari bangku kuliah (dapat dikombinasi dengan material lain sebagai penunjang).Rancangan ke-2
    Satu set rancangan desain berikut konsep berupa satu unit produk fungsional furnitur dan satu unit aksesoris interior menggunakan material yang berasal dari limbah rumah tangga atau limbah home industry.

 

OPEN CALL PESERTA VIRTUAL EXHIBITION (PAMERAN KARYA)

Kontak : Eva  +62 858 8333 2162

 

Email    :  adminlabinterior@binus.edu , Cc : interior.binus@gmail.com

JADWAL VIRTUAL EXHIBITION

Deadline Submission  15 April 2021
Kurasi 16-17 April 2021
Pameran  24 April – 30 Mei 2021

KATEGORI PESERTA PAMERAN

  • Kategori Undangan Tim mahasiswa Perwakilan Universitas
  • Kategori Undangan dari Industri
  • Kategori umum (bebas, lintas keilmuan, perorangan atau tim) :
    a. Umum Mahasiswa
    b. Umum Bebas

PERSYARATAN PESERTA PAMERAN VIRTUAL DESIGN PLUS: D+E KATERGORI UMUM

Mengirimkan maksimal tiga karya rancangan desain berikut konsep desain produk fungsional dengan kategori sbb:

  1. Furnitur atau
  2. Aksesoris interior (bebas)

SYARAT PENGIRIMAN KARYA

  1. Setiap peserta mengirimkan karya dilengkapi dengan dokumen sebagai berikut :
  • Profil peserta perorangan/tim (dapat berupa CV)
  • Konsep rancangan desain
  • Gambar proses kerja tahap awal untuk memperjelas eknik dan tahapan proses (dapat menggunakan sketsa atau foto.
  • Gambar perspektif produk (sketsa manual atau komputer) atau foto prototype produk tahap awal

2. Peserta yang lolos kurasi untuk mengikuti pameran, akan diminta mengirimkan dokumen tambahan bagi keperluan pameran virtual dengan format dari panitia berisi konten               tersebut sebagai berikut :

  • Narasi profil peserta pameran
  • Skema tahapan proses pembuatan lanjutan (dapat berupa foto atau sketsa)
  • Foto dan video prototipe produk, dapat berupa 3D komputer
  • Kelengkapan konsep dan gambar kerja jika diperlukan

3. Peserta mengisi link registrasi dan submit karya peserta dan dokumen melalui link khusus yang akan ditentukan panitia.

4. Deadline pengiriman karya 6 April 2021

APRESIASI

Akan diberikan hadiah/apresiasi khusus bagi 3 karya terbaik dengan kategori

  1. Kategori undangan-Tim Mahasiswa   : 3 Karya terbaik
  2. Kategori Umum
    – Umum Mahasiswa                              : 1 Karya terbaik dan 1 Karya favorit
    – Umum Bebas                                       : 1 Karya Terbaik dan 1 Karya Favorit

 

Download E-Flyer disini