Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Pusat bekerjasama dengan Jakarta Design Center (JDC) menyelenggarakana acara JDC Design Week pada tanggal  21-28 April 2024 bertema “SHAPING DESIGN FOR TOMORROW”.Tema ini diusung sebagai bentuk upaya bagi semua disiplin ilmu maupun profesi serta pemerintah yang mulai dituntut untuk memikirkan kehidupan berkelanjutan. Desain diharapkan dapat membentuk dan mempengaruhi masa depan dengan mempertimbangkan estetika, kegunaan serta dampak sosial dan lingkungan. Adanya penggunaan material ramah lingkungan termasuk material daur ulang yang berkelanjutan diharapkan pula dapat mendukung bahwa desain masa depan harus berkelanjutan. Dalam hal ini,  rangkaian karya cipta kreatif yang menstimulasi pikiran digelar bagi pengunjung JDC Design Week sebagai bagian dari upaya peran desain dalam menciptakan masa depan yang lebih baik.

Jakarta Design Center (JDC) terletak di Jl. Gatot Subroto Kav 53 Jakarta Pusat. JDC memposisikan diri menjadi “Premium Hub of Art, Design community & Commerce” yang merupakan tempat pengembangan bakat serta tempat untuk mempromosikan desain terbaik. Dengan luas area 13.300 m2, JDC juga merupakan pusatnya para desainer, arsitek serta seniman untuk berdiskusi dan unjuk karya yang pelaksanaannya telah dimulai sejak 16 Maret 1990. JDC yang saat ini menginjak usia 34 tahun tetap memberikan ruang kepada para desainer untuk berkolaborasi dengan semua disiplin ilmu dalam mengembangkan desain terkini dan selalu mengikuti perkembangan jaman.

JDC Design Week ini merupakan perayaan ide-ide kreatif yang dilakukan oleh lintas disiplin desain mulai dari arsitektur, desain interior, fashion, desain grafis, desain produk, art & craft hingga fotografi dengan sudut pandang perkembangan desain saat ini sampai masa depan. Sehingga dari kegiatan JDC Design Week ini dapat mendorong bidang Pendidikan, Keprofesian, Lembaga Pemerintah dan Masyarakat untuk dapat berdiskusi tentang perkembangan desain dan perkembangan industri yang mendukungnya. Pembukaan acara pada tanggal 24 April 2024 dihadiri oleh Kemenparekraf dan Kementerian PUPR. JDC Design Week mempersembahkan rangkaian acara pameran, pameran instalasi, seminar dan workshop yang diikuti oleh beberapa perguruan tinggi program studi desain interior, fashion, desainer interior profesional, seniman dan industri sebagai mitra profesi yang tidak bisa dipisahkan. Partisipasi Kemenparekraf dan Kementerian PUPR dalam acara ini tidak hanya menegaskan pentingnya desain dalam konteks ekonomi kreatif, tetapi juga menunjukkan dukungan pemerintah terhadap pertumbuhan dan pengembangan industri kreatif. Melalui kolaborasi lintas disiplin ini, JDC Design Week bertujuan untuk membentuk wawasan baru, merintis jalan bagi solusi yang berkelanjutan dan inklusif, serta menginspirasi generasi mendatang untuk menjadikan desain sebagai motor utama perubahan positif di masa depan. Dengan dukungan dari Kemenparekraf dan PUPR kami yakin JDC Design Week akan menjadi platform yang menginspirasi dan memotivasi untuk mencapai kesuksesan lebih besar di masa depan dibidang Desain serta Industrinya dan juga dibidang Jasa Konstruksi.

Pada acara ini Prodi Desain Interior Binus University Jakarta turut terlibat dalam mempublikasikan  karya Cecilia Valentina K, mahasiwa Desain Interior dari Mata Kuliah Furniture Design IV dengan konsep “Ruaian Runtun atau Ruru Set”.

Informasi lebih lanjut tentang karya dapat dilihat di link:

https://interior.binus.ac.id/2024/02/29/furniture-design-iv-ruru-set/

Sedangkan dosen prodi Desain Interior yang juga merupakan Associate Lecturer Specialist S3 School of Design Binus University, Titi Indahyani, S.Sn, M.M, Ph.D, turut memaparkan hasil kegiatan proyek interior di Kabupaten Siak, Riau dengan tema “Immersive Technology in Design Project and Design Education”. Aktifitas proyek ini terkait dengan penerapan teknologi imersif untuk mendukung strategi pelaksanaan edukasi maupun pekerjaan di proyek interior secara interaktif, termasuk bila dilaksanakan secara hybrid. Proyek ini mendapatkan pendanaan dari Yayasan Bina Nusantara. Acara JDC Design Week ini diliput pula oleh Tim BINUS  TV dengan link acara sebagai berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=muWEEw3mypY

Titi Indahyani
Associate Lecturer Specialist S3
School of Design, Binus University, Jakarta

Sumber :

  • Jakarta Design Centre
  • HDII Pusat
  • Interior Design Dept, Binus University

Link Publikasi lainnya:
https://mediaindonesia.com/weekend/667026/jdc-design-week-usung-desain-masa-depan-berkelanjutan
https://www.pojoksatu.id/nasional/1084576263/jdc-design-week-ajang-kolaborasi-komunitas-desainer-hingga-arsitek https://www.tribunnews.com/metropolitan/2024/04/24/jdc-design-week-hadirkan-pameran-dan-talk-show-para-desainer