INTERIOR DESIGN 1 : RESIDENTIAL, merupakan mata kuliah perancangan dasar yang diikuti oleh mahasiswa semester 2 di jurusan Desain Interior – BINUS University. Pandemic covid-19 dirasakan sangat membatasi ruang gerak mahasiswa karena selama 1 semester kita melakukan pembelajaran, presentasi, survey, ujian, asistensi dalam format online (daring). Mahasiswa tidak dapat langsung melaksanakan survey ke lokasi, wawancara dan asistensi tatap muka dengan dosen. Namun ternyata hal ini tidak menjadi penghalang dalam berkarya dan berkreasi. Perancangan interior tidak sekedar membutuhkan kreatifitas dan imajinasi namun juga menerjemahkan ide kreatif tersebut ke dalam sebuah skema serta  perancangan berupa gambar kerja dan gambar presentasi.

Tugas diberikan dengan studi kasus film. Tidak ada batasan dalam hal genre, durasi, ataupun negara produksi film, namun batasan tokoh adalah sebuah keluarga dengan jumlah 4-5 karakter diterjemahkan sebagai penghuni hunian. Data penghuni didapat dari karakter di film, analisa terhadap film perlu dilakukan dengan cermat, untuk mengolahnya menjadi sebuah data berupa aktifitas dan fasilitas. Perancangan interior mendapat referensi dari setting ruangan dalam film, yang menampilkan ruangan dengan suasana yang memiliki karakter berbeda pada masing-masing filmnya.

Keragaman karakter, budaya pada studi kasus memiliki beragam permasalahan yang perlu dipecahkan secara interior. Proyek Interior Design 1: residential dilaksanakan selama 13 minggu pertemuan, dimana progress dilaporkan setiap minggu secara online kepada tim dosen dan ditutup dengan presentasi akhir mahasiswa. Berikut adalah karya terbaik dari 4 kelas paralel mata kuliah Desain Interior Design 1: Residential.

https://interior.binus.ac.id/2021/08/30/id-1-residential-design-industrial-minimalist/

https://interior.binus.ac.id/2021/08/30/id-1-residential-design-minimalist-house/

https://interior.binus.ac.id/2021/08/30/id-1-residential-design-contemporary-farmhouse/

https://interior.binus.ac.id/2021/08/30/id-1-residential-design-modern-scandinavian-jungle-paradise/

https://interior.binus.ac.id/2021/08/30/id-1-residential-design-boho-mid-century-modern/

https://interior.binus.ac.id/2021/08/30/id-1-residential-design-boho-mid-century-modern/

https://interior.binus.ac.id/2021/08/30/id-1-residential-design-emerald-boho-home/

https://interior.binus.ac.id/2021/08/30/id-1-residential-design-javanese-modern-lush/

Tim Dosen (Polniwati Salim, Nazillah Abdullah, Nabilla Retnaning, Octaviana Sylvia Rombe, Amarena Nediari, Yunida Sofiana, Fauzia Latif, Dila Hendrassukma)